Senin, 18 Februari 2013

Perawatan Kulit Wajah Menjelang Pernikahan

Persiapan pernikahan jangan sampai membuat lupa merawat diri. Agar cantik bersinar saat hari bahagia, perhatikan beberapa langkah perawatan wajah ini.

Perawatan dasar
Banyak wanita melupakan perawatan umum dan rutin seperti membersihkan wajah pada pagi hari, menggunakan tabir surya, pelembap, dan membersihkan wajah sebelum tidur. Padahal, itu semua merupakan kunci kulit yang sehat.

Selain itu, sebaiknya gunakan scrub wajah paling tidak seminggu sekali untuk membuang kulit mati yang tersisa. Lanjutkan kebiasaan baik seperti minum air 8-10 gelas sehari, tidur yang cukup, berhenti merokok dan banyak mengonsumsi sayur serta buah.

Perawatan tambahan
Perawatan tambahan idealnya dimulai sekitar 5 bulan sebelum menikah. Waktu yang cukup panjang tersebut bisa memberikan manfaat yang maksimal dan jangka panjang pada kulit. Ada dua hal yang perlu diperhatikan saat perawatan wajah. Pertama, memperbaiki masalah kulit seperti jerawat, noda pada kulit, atau kulit kusam. Kedua, meningkatkan penampilan kulit seperti memperbaiki tesktur kulit dan membuat kulit lebih cerah. Biasanya ada beberapa perawatan yang akan disarankan dokter kulit Anda selain penggunaan beberapa krim wajah secara teratur.

a. Peeling

Peeling atau pengelupasan kulit wajah sering ditawarkan sebagai salah satu perawatan menjelang nikah untuk membuat kulit terlihat lebih berkilau. Peeling dengan bahan kimia yang kerap ditawarkan di dokter kulit atau pusat kecantikan cenderung menimbulkan kulit kemerahan, karena itu paling lambat perawatan ini dilakukan setidaknya 2 minggu sebelum hari pernikahan.

b. Mikrodermabrasi
Salah satu perawatan lain untuk meremajakan kulit adalah dengan mikrodermabrasi. Metode ini menggunakan kristal halus yang berfungsi sebagai semacam scrub untuk mengangkat kulit mati sehingga kulit terlihat lebih cerah. Jika Anda berniat menggunakan perawatan ini, lakukan secara teratur sampai paling tidak 3 minggu sebelum Hari-H untuk hasil yang maksimal.

c. Facial
Facial berfungsi mengangkat komedo dan membersihkan kulit. Wajah kemerahan akibat pembersihan komedo dan jerawat merupakan efek umum yang muncul usai facial. Karena itu, lakukan facial yang ditutup dengan perawatan masker setidaknya seminggu sebelum Hari-H.

d. Cabut alis dan Rambut halus
Rambut halus di wajah seringkali menjadi pemandangan yang menganggu. Gunakan metode penghilangan bulu dengan laser (IPL) atau waxing untuk hasil yang maksimal. Lakukan paling tidak seminggu sebelum untuk menghindari efek iritasi usai perawatan.

Untuk cabut alis, tak ada salahnya Anda melakukannya di salon profesional. Sering kali perias pengantin tidak memiliki banyak waktu untuk memotong rapih alis Anda sehingga setelah rias wajah pengantin Anda dihapus, seringkali bentuk alis terlihat terpotong atau tidak rapih. 

e. Masker
Masker wajah merupakan kegiatan yang menyenangkan dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Masker wajah bisa membuat kulit cerah alami dan mengangkat sel-sel kulit mati yang membuat kulit terlihat kusam. Anda bisa menggunakan masker wajah alami buatan sendiri dari buah-buahan atau masker yang tersedia di toko. Lakukan perawatan ini secara teratur paling tidak satu minggu sekali untuk hasil yang maksimal. Pilih masker yang sesuai dengan jenis kulit dan bisa membantu mengurangi masalah kulit Anda seperti jerawat atau kulit berminyak.

TIPS:
1. Konsultasikan dengan ahli kesehatan yang mengerti kondisi kulit Anda sebelum memilih perawatan. Jangan melakukan percobaan pada kulit Anda untuk menghindari masalah kulit.
2. Perawatan kulit umumnya tidak memberikan hasil instan. Lakukan perawatan secara berkala mulai dari paling tidak 3-6 bulan menjelang Hari-H.
3. Jika Anda memiliki kulit sensitif, sebaiknya minta perias Anda untuk melakukan tes make-up terlebih dahulu. Jangan sampai hari bahagia Anda terganggu karena reaksi kulit yang tidak cocok terhadap make-up yang digunakan.
4. Paling penting diperhatikan adalah jangan mengganti atau bereksperimen dengan wajah Anda satu bulan sebelum Hari-H. Walau banyak saran dan masukan dari teman atau kerabat sebaiknya lanjutkan perawatan wajah Anda jika sudah memberikan efek yang baik. Perubahan secara mendadak berisiko menimbulkan iritasi dan gangguan kulit yang membutuhkan waktu pemulihan cukup lama.
5. Terakhir, pastikan Anda bisa mengatur waktu dan masalah agar tidak menimbulkan stres. Stres memicu perubahan hormon yang berakibat kurang baik pada kulit. Di sela kesibukan mempersiapkan pernikahan, jangan lupa lakukan kegiatan relaksasi, yoga, atau olahraga ringan yang baik untuk membuat kulit sehat alami dari dalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar