Senin, 18 Februari 2013

Tidur Pulas dan Nyenyak Seperti Bayi, Ini Dia Rahasianya

Agar tubuh selalu segar dan tidak lelah di siang hari saat kerja, Anda membutuhkan setidaknya 7,5 jam tidur. Jam tidur yang cukup juga akan menghindarkan kita dari berbagai masalah kesehatan seperti kenaikan berat badan dan resistensi insulin. Namun, untuk mendapatkan tidur yang berkualitas ternyata tidak mudah. Tenang, ada jurusnya kok. Simak saja kiat berikut:
 
Berendam
Jika memungkinkan, sebelum tidur cobalah berendam dengan air hangat dengan menggunakan cairan khusus beraromaterapi. Aroma chamomile sangat menenangkan.

Istirahatkan mata
Bila dianggap cukup membantu, cobalah penutup mata khusus saat tidur. Ini akan membantu Anda segera tidur lelap saat berada dalam pesawat atau ketika harus tidur di kamar hotel.

Jangan kaget gara-gara alarm
Jika ingin bangun tepat waktu tapi malas dengan suara alarm yang mengejutkan, pilihlah suara-suara alarm yang menenangkan. Pilihan alarm dengan suara burung tampaknya bisa menjadi alternatif yang menyenangkan.

Baca buku
Cobalah membaca buku menjelang tidur. Jangan buku yang seram dan menegangkan urat saraf. Pilihlah buku yang berisi alur cerita menenangkan dan menyenangkan untuk dibawa bermimpi.

Alami
Jauhi segala pil tidur. Lebih baik pilih segelas susu hangat dan madu. Para pakar yakin minuman seperti ini punya efek plasebo yang bisa membantu tidur. Minumlah dengan perlahan dan rileks.

Meringkuk
Bosan bolak-balik di atas tempat tidur. Coba meringkuk di atas kursi yang lebar dan berselimut tebal seraya membaca buku hingga kantuk datang. Biasanya, cara seperti ini efektif untuk membuat kita cepat tertidur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar