Senin, 18 Februari 2013

Ciri-ciri Gangguan Konstipasi

Tanya:
saya mempunyai masalah konstipasi alias susah buang air besar yang sangat sering terjadi. Awalnya saya mencoba meminum obat pencahar, tapi malah membuat perut tidak nyaman, kembung, dan mual. Saya rutin mengonsumsi sayur dan buah, bahkan dalam 3 bulan terakhir saya sudah tidak mengonsumsi nasi putih, dan saya gantikan dengan roti. Namun tetap saya mengalami konstipasi hingga 3-4 hari. Apa yang harus saya lakukan untuk menormalkan pencernaan saya?
Rizal

Jawab:
Hai Rizal,

Kebiasaan dan frekuensi buang air besar (BAB) pada setiap orang memang berbeda-beda. Frekuensi BAB yang dinilai masih dalam batas wajar adalah mulai dari 3 kali sehari hingga 3 hari sekali. Perbedaan frekuensi BAB tersebut terjadi karena perbedaan jenis diet, asupan cairan, dan kecepatan pergerakan usus masing-masing orang. Semakin banyak Anda mengonsumsi serat (sayur mayur dan buah-buahan) dan minum air putih, BAB anda akan lebih sering dan lebih banyak. Hal ini tentunya baik bagi kesehatan.

Selain makanan, asupan suplemen probiotik juga baik untuk menstabilkan dan melancarkan proses BAB. Probiotik adalah jenis asupan makanan atau zat yang mengandung bakteri yang dapat menunjang fungsi pencernaan. Bakteri yang banyak digunakan sebagai probiotik adalah Lactobacillus acidophillus. Bakteri ini banyak terdapat pada produk olahan susu seperti yoghurt dan minuman kesehatan pencernaan yang diproduksi di pasaran.

Apabila BAB anda masih terjadi dalam kisaran 3 hari sekali dan tidak keras, maka kemungkinan besar hal itu masih dalam batas normal dan belum bisa disebut sebagai gangguan konstipasi (gangguan susah BAB).

Gangguan konstipasi dicurigai terjadi apabila gangguan BAB-nya sudah mencakup kriteria berikut ini:- Frekuensi - BAB kurang dari 3 kali dalam 1 minggu
- Harus mengedan dengan kuat sekali atau memaksa saat BAB
- BAB yang konsistensinya keras
- Sensasi tersumbat di sekitar dubur (rectum) dan anus
- Sensasi BAB yang tidak tuntas
- Saat BAB, dibutuhkan bantuan dengan tangan untuk mengeluarkan feces

dr. JanfrionalApabila terjadi 2 dari 6 gejala yang disebutkan di atas dan sudah terjadi selama 3 bulan, kemungkinan besar sudah terjadi gangguan konstipasi. Apabila hal ini yang terjadi pada Anda, sebaiknya periksakan diri ke dokter guna mendapatk pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut.

Semoga membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar