Jumat, 22 Februari 2013

Warna “Hijau” Bikin Semangat Berolahraga

Ada kabar baik untuk Anda para penggemar warna hijau! Menurut penelitian, manfaat baik berolahraga di luar ruangan ternyata lebih berkaitan dengan warna hijau dibandingkan dengan hanya dikelilingi oleh alam.
Oleh karena itu, para peneliti menyimpulkan bahwa berolahraga di luar ruangan yang menyenangkan dapat menghasilkan manfaat lebih secara psikologis ketimbang nge-gym. Berolahraga dengan lingkungan “hijau” dapat meningkatkan suasana hati (mood), harga diri, motivasi dan kenikmatan.
Penelitian ini adalah yang pertama kalinya menunjukkan bahwa warna hijau dapat berkontribusi untuk manfaat perbaikan mood dari olahraga di luar ruangan, seperti dikutip MyHealthNewsDaily.
Para peneliti di University of Essex, Inggris, melibatkan 14 partisipan mahasiswa yang bersepeda stasioner dalam ruangan selama 5 menit sambil menonton video yang menampilkan adegan bersepeda yang disimulasikan melalui lingkungan alam.
Peneliti kemudian mengubah filter pada layar video dari hijau ke hitam dan putih selama 5 menit, dan kemudian menjadi merah untuk jumlah waktu yang sama. Para peneliti lalu menilai suasana hati segera setelah setiap sesi bersepeda selama 5 menit.
Hasilnya, para partisipan merasa kurang lelah dan mengalami sedikit gangguan mood ketika mereka menonton versi hijau dari video tersebut ketimbang ketika mereka menonton versi hitam, putih atau merah. Mereka juga melaporkan merasa kesal ketika melihat video alam dengan warna merah.
Studi sebelumnya oleh para peneliti yang sama menunjukkan bahwa sedikitnya 5 menit berolahraga di luar ruangan menghasilkan perbaikan yang signifikan dalam suasana hati dan harga diri. Yang terkena gelombang warna, seperti biru dan hijau, membangkitkan perasaan ketenangan, sedangkan merah dan kuning lebih merangsang.
Tanaman hijau yang subur mengisyaratkan makanan berlimpah dan dekat sumber air yang bersifat kesenangan atau kenikmatan. Hasilnya, perasaan positif terhadap warna hijau kemungkinan akan tertanam di dalam otak manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar