Jumat, 22 Februari 2013

Jika Pacaran Sudah Terlalu Lama

Tanya:
Saya pacaran hampir lebih dari 8 tahun, tapi sampai sekarang pacar saya belum pernah membicarakan soal pernikahan. Entah apa penyebabnya, padahal saya sering menyinggung-nyinggung soal pernikahan, namun dia selalu jawab, "umur baru segini aja udah pengen nikah." Saya bingung dengan ucapan dia, karena umur dia sudah 25 dan umur saya 24 tahun. Saya sayang banget dengan dia, tapi saya juga bosan pacaran kelamaan. Saya harus bagaimana?
Samantha, Jakarta

Jawab:
Hai Samantha,

Delapan tahun memang waktu yang lama untuk pacaran, sehingga wajar bila Samantha menginginkan hubungan yang lebih lanjut, yaitu pernikahan. Tapi di sisi lain, umur kalian memang masih bisa dibilang muda untuk sebuah pernikahan, terutama untuk pria. Usia 25 tahun adalah usia produktif untuk pria dalam mengejar karier dan mewujudkan cita-citanya selama ini.

Cobalah untuk menjaga rasa cinta Samantha agar bisa bersabar menunggu saat yang tepat untuk melanjutkan hubungan ke pernikahan. Melihat kalian pacaran dari usia yang sangat muda (16 dan 17 tahun), tentunya sudah banyak perubahan yang kalian lewati, mulai dari masa remaja sampai dewasa. Ini merupakan keindahan perjalanan sebuah hubungan yang seharusnya tidak membosankan.

Saya selalu mengibaratkan sebuah hubungan dengan membaca koran. Walau setiap hari membaca koran dari terbitan yang sama, kita tidak akan pernah bosan karena beritanya selalu baru dan berganti setiap hari. Jadilah pribadi seperti koran, selalu memiliki hal baru untuk diketahui sehingga tidak pernah membosankan.

Di sisi lain, setiap wanita pasti menginginkan kejelasan dalam setiap hubungan. Mintalah ketegasan darinya mengenai kapan kalian akan menikah. Bukan untuk mendesak, tapi untuk menanyakan kesiapannya. Dengan adanya komitmen waktu untuk pernikahan, Samantha akan mendapatkan ketenangan hati. Kemudian jagalah cinta yang penuh keindahan walau waktu terus berlalu.

Cinta selamanya bukan berarti cinta sepanjang masa. Tapi selama hati menemukan kedamaian yang membahagiakan.

Love will find the way.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar