Kamis, 21 Februari 2013

Mengatasi Kulit Ketiak yang Menghitam

Tanya:
Ada tips gak, cara alami memutihkan ketiak yang menghitam akibat sering dicabuti? Thanks.

Erny, Surabaya

Jawab:

Sepertinya masalah ketiak hitam ini adalah masalah yang cukup umum pada wanita. Bahkan di Female Daily sendiri, ada ratusan halaman yang membahas mengenai ketiak hitam (http://femaledaily.com/showthread.php?t=711&highlight=ketiak+hitam). Saya coba rangkumkan beberapa hal yang perlu diperhatikan yang dapat membantu Erny mengatasi masalah tersebut:

1. Kenali masalahnya. Di sini jelas Erny menyebutkan bahwa masalah ketiak hitam ini dipicu oleh seringnya mencabut rambut ketiak. Oleh karena itu, stop kebiasaan ini sekarang juga! Mencabut bulu ketiak bisa menyebabkan terbukanya pori-pori lebih lebar dari biasa dan masuknya bakteri dan kotoran ke dalam pori-pori tersebut sehingga menyebabkan ketiak menghitam. Sebagai alternatif, coba metode waxing atau IPL (Intense Pulse Light) yang dapat mengurangi tumbuhnya rambut di ketiak.

2. Kalau memang ketiak tidak terlalu berkeringat, sebaiknya menghindari pemakaian deodoran untuk sementara waktu. Tapi jika tidak bisa lepas dari deodoran karena tidak merasa nyaman, pilihlah antiperspirant yang mengandung bahan aktif untuk membantu mengurangi keringat yang diproduksi oleh ketiak, sehingga tidak mengganggu kegiatan sehari-hari.

3. Salah satu penyebab ketiak hitam adalah penumpukkan sel kulit mati dan kotoran, jadi bantu juga dengan eksfoliasi menggunakan scrub siap pakai yang bisa dibeli di pasaran, atau scrub buatan sendiri. Scrub yang saya anjurkan yang manjur untuk mengangkat area kulit yang terasa kasar adalah scrub kopi.
Untuk mengetahui cara membuatnya, bisa dibaca di artikel berikut: http://fashionesedaily.com/blog/2011/08/16/home-made-coffee-lemon-scrub/.

4. Banyak yang menyarankan untuk mengoleskan air perasan lemon, sekitar satu sendok untuk kedua sisi ketiak, untuk membantu memutihkan ketiak yang sudah menghitam. Hanya saja, memakaikan perasan lemon yang sangat asam ke pori-pori yang terbuka akan terasa sangat perih. Jadi ini sesuatu yang bisa dicoba apabila kamu merasa nyaman saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar