Jumat, 01 Maret 2013

Trik Menghindari Topik Sensitif di Tempat Kerja

Di dunia perkantoran, kebiasaan berdiskusi memang sudah menjadi tradisi. Diskusi yang di bicarakan pun bermacam-macam, mulai dari hal-hal penting yang meliputi kantor sampai berita para artis yang kawin cerai. Tapi dari semua itu, ada saat dimana diskusi yang berlangsung mulai membicarakan topik-topik yang sensitif seperti halnya agama, politik, seks sampai masalah keuangan. Lalu kalau sudah begini bagaimana cara menghindarinya? Berikut beberapa triknya. 
  • Hindari mereka yang mencoba memulai diskusi
Ini merupakan langkah awal bagi Anda yang tak mau terlibat didalamnya. Sebisa mungkin, jauhi kelompok yang mencoba mendiskusikan isu-isu yang bersifat memecah belah seperti permasalah agama, politik dan sebagainya. Disamping itu, kita juga harus tetap bersikap professional ketika berada di dekat mereka dan menghindari sikap kasar atau konfrontasi.
  • Jangan mau terlibat
Pepatah bilang diam itu emas, dan untuk masalah topik sensitif yang Anda seringkali rasakan, pepatah tersebut memang benar. Dengan diam, kita menunjukkan bahwa kita tidak mendukung tindakan mereka itu. Dan dengan bersikap diam, perlahan mereka akan menyadari bahwa Anda tidak tertarik dengan segala yang dibicarakannya.
  • Ubah topik pembicaraan
Untuk diterima dalam suatu lingkungan, tak jarang kita harus mengikuti apa yang ada dalam lingkungan itu sendiri. Dalam hal ini termasuk forum diskusi. Sering kita merasa dengan adanya komunikasi yang dijalin, hal itu akan merekatkan kedekatan satu sama lain. Tapi bagaimana kalau topik yang dibicarakan enggan kita dengar? Mungkin Anda menyukai mereka, hanya saja topik pembicaraan yang sedang berlangsung yang enggan didengar. Untuk mengatasi hal tersebut, cobalah ubah topik pembicaraan. Hal seperti ini tidak bisa dilakukan hanya sekali dua kali, coba lakukan sesering mungkin setiap kali Anda menghadapi situasi seperti ini. Utarakan pada mereka bahwa kita ingin tetap menjadi bagian dari diskusi tapi bukan dengan topik yang sensitif.
  • Menghindar dengan sopan
Jika ketiga cara tadi tidak ampuh, ada baiknya bagi Anda untuk memilih pergi atau beralih ke tempat lain saat rekan-rekan kerja membicarakan topik-topik sensitif itu. Perasaan tidak nyaman yang menggeluti perasaan Anda sebaiknya diutarakan dengan meninggalkan forum diskusi. Tapi ingat, kita juga perlu sopan dan santun saat mengutarakan niat kita meninggalkan perkumpulan tersebut. Seandainya masih ada juga yang bertanya, jangan ragu utarakan alasan yang jujur. Dengan begitu, mereka akan tahu bahwa Anda merasa tidak nyaman dengan semua hal yang sedang di bicarakan.
  • Lapor pada atasan
Segala sesuatu yang terjadi pasti ada jalan keluarnya. Kalau hal ini sudah mengganggu pikiran Anda dan membuat Anda benar-benar merasa tidak nyaman sebaiknya laporlah kepada atasan. Jangan takut selagi Anda benar dan selama pembicaraan cenderung kearah kasar dan melecehkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar